Penyebab, Gejala dan Cara Mengatasi Penyakit Maag atau Lambung

Koran Kesehatan - Apa saja sih Penyebab, Gejala dan Cara Mengatasi Penyakit Maag atau Lambung ? itu yang menjadi pertanyaan anda dan juga bahasan saya kali ini. karena penting sekali bagi anda penderita maag untuk mulai sekarang melakukan penyembuhan dengan cara yang mudah cepat dan alami.
Maag atau radang lambung adalah gejala penyakit yang menyerang lambung dikarenakan terjadi luka atau peradangan pada lambung yang menyebabkan sakit, mulas, dan perih pada perut. 
Maag bukanlah penyakit biasa penderita maag biasanya sulit sekali untuk sembuh dan mudah sekali terserang jika kurang menjaga asupan makan, saat penyakit ini kambuh sangat menyiksa sekali, walau dilihat secara sekilas orang yang memiliki penyakit maag seperti normal biasanya namun jika sudah terserang tersiksanya minta ampun dan beberapa gejala yang terjadi saat maag anda kambuh adalah sebagai berikut :
Penderita penyakit maag

Penyebab, Gejala dan Cara Mengatasi Penyakit Maag atau Lambung

A. Gejala Penyakit Maag

1. Perut kembung
Jika Maag kambuh maka yang mulai terasa adalah perut yang kembung ini diakibatkan karena kadar asam yang ada di dalam lambung sangatlah tinggi dan kurangnya enzim pada alat pencernaan sehingga menyebabkan perut terasa kembung.

2. Kehilangan nafsu makan
Biasanya penderita akan kehilangan selera makan karena memiliki perasaan penuh pada perut atau kembung sehingga sulit untuk diberikan asupan makanan.

3. Mual dan muntah
Berikutnya jika maag menyerang bisa menyebabkan mual dan muntah ini terjadi akibat impuls dari otak bawah yang berhubungan dengan saraf rasa sakit dan iritasi dari traktus gastrointestinal.
4. Susah/sakit saat buang air besar
Susah buang air besar juga merupakan salah satu gejala kambuhnya maag ini diakibatkan karena pola makan yang tidak teratur dan adanya gangguan pada pencernaan termasuk pada saluran pembuangan akhir seperti rektum dan anus.

5. Sering bersendawa
Terus menerus bersendawa, mungkin anggapan sendawa ini akan sedikit menurunkan kembung namun bagi yang sedang kambuh maag terus menerus bersendawa justru akan terus memancing angin masuk dan kembung dan malah akan terus menerus bersendawa.

Jika memang anda sering mengalami hal seperti di atas berarti anda sudah positiv terkena penyakit ini lalu apa sih yang  menyebabkan bisa sakit maag, berikut paparanya :  

B. Penyebab Penyakit Maag.
  1. Makan Tidak Teratur
    Penyebab utama penyakit maag adalah tidak teraturnya makan, makan dengan pola tidak teratur atau sangat jarang sekali makan berpotensi besar menyebabkan maag.
  2. Kafein
    Kafeein merupakan salah satu faktor penyebab maag lain nya, kafein terdapat pada kopi, maka aturlah jam ngopi anda dan jangan dibiasakan minum kopi sebelum makan.
  3. Pola tidur yang tidak teratur dan stress.
    Siapa sangka bahwa tidak teraturnya pola tidur anda juga terlalu banyak pikiran itu akan memancing potensi untuk maag.
Sebenarnya bukan hanya poin diatas masih banyak lagi faktor yang menyebabkan penyakit ini bisa menyerang kita, lalu bagaimana cara untuk mengatasi penyakit maag atau lambung itu, sebenarnya banyak sekali obat yang bisa kita gunakan untuk mengobati maag, baik obat medis maupun obat tradisional yang alami langsung saja berikut beberapa cara yang bisa anda coba untuk menyembuhkan penyakit maag.

C. Cara Mengatasi Penyakit Maag.

Obat medis yang bisa jadi Cara Mengatasi Penyakit Maag adalah sebagai berikut:
  • Simetidin
  • Antasida
  • Proton pump inhibitor
  • Pankreatin
  • Ranitidin
  • Cytoprotective Agent
Namun jika anda tidak tertarik atau sudah tidak mempan menggunakan obat medis anda bisa menggunakan cara tradisional , berikus saya bagikan 3 tips dengan cara tradisional.

1. Menggunakan Kunyit
  • Siapkan 2 batang kunyit kemudian cuci hingga bersih
  • Parutlah kunyit tersebut lalu tambahkan air matang (secukupnya)
  • Kemudian anda peras parutan kunyit yang sudah dicampur air tersebut
  • Minumlah 2 kali sehari yaitu pagi sebelum makan dan malam sebelum tidur atau bisa juga pagi dan sore hari
2. Menggunakan Biji Pepaya 
  • Sediakan biji pepaya secukupnya
  • Kemudian jemurlah biji pepaya tersebut hingga kering
  • Selanjutnya haluskan atau tumbuk hingga halus atau bisa juga dengan blender
  • Seduh biji  pepaya yang telah ditumbuk tadi dan minum airnya seduhan tersebut secara rutin.

3. Menggunakan Daun Jambu Biji

  • Ambil 9 atu 10 lembar daun jambu biji yang masih segar
  • Kemudian rebuslah daun jambu biji tersebut dengan 1,5 liter air hingga mendidih, 
  • Lalu saring dan ambil airnya.
  • Minumlah air tersebut 3 kali sehari, yaitu pagi, siang, dan sore hari.
Berikut ulasan-ulasan yang cukup panjang mengenai Penyebab, Gejala dan Cara Mengatasi Penyakit Maag atau Lambung semoga artikel ini mampu membantu dan besar harapan mampu menyembuhkan penyakit Maag anda.

Baca Juga : Cara Ampuh Mengobati Penyakit Diabetes Melitus atau Kencing Manis

0 Response to "Penyebab, Gejala dan Cara Mengatasi Penyakit Maag atau Lambung"

Post a Comment